Bermain Bersama Adik-Adik Wisma Putra, Bandung

Berkumpul di Wisma Putra, pada 12 Juli 2014 lalu, Agate Studio sengaja ingin mengajak sharing dan bermain adik-adik yang berjumlah 73 orang. Lokasi Wisma Putra terletak di JL. Ciumbuleuit Raya no. 105.

Acara dimulai dengan materi animasi dari Artist Agate Studio Henky Jaya. Henky yang meminta pada adik-adik ini untuk dipanggil sebagai Kak Kiki ini, mendemonstrasikan bagaimana membuat karakter hingga karakter bisa menjadi bergerak.

_DSC6439 _DSC6448

_DSC6458

Ketika akhirnya bergerak, spontan adik-adik yang bersekolah mulai dari SD hingga SMA ini bertepuk tangan riuh dan senang melihat karakter yang dibuat Kak Kiki. Komentar seperti “Ih, lucu banget!” pun sering dilontarkan.

Selanjutnya, Kak Kiki mengajak adik-adik untuk mewarnai karakter games Agate Studio dari template yang dibawa crew. Karakter yang telah diwarnai adik-adik ini nantinya juga akan di demokan ke dalam game maker oleh Aditia Dwiperdana. Karena ditujukan gambar menjadi animasi, adik-adik diminta berpasangan untuk mewarnainya, agar warna menjadi serasi. Adik-adik tersebut terlihat sangat antusias ketika mewarnai karena crew Agate Studio sudah menyiapkan hadiah bagi mereka yang mewarnai karakter Agate Studio dengan baik.

_DSC6472

_DSC6471

Acara kemudian dilanjutkan bermain games. Crew menyebutnya basket kardus. Kardus yang telah dituliskan poin-poin ini disusun tiga di depan kelompok. Adik-adik akan diminta melempar bola ke dalam kardus yang sudah ada poin-poinnya. Mereka yang berhasil mengumpulkan poin terbanyak adalah pemenangnya.

_DSC6565 _DSC6581

Acara mulai chaos karena antusias adik-adik yang berjumlah besar. Ketika crew Agate Studio berusaha untuk membagi adik-adik ke kelompok yang proposional, adik-adik lebih senang membagi dirinya dengan kelompok yang mereka sukai. Jadilah terbagi ganjil lima kelompok. Dengan system gugur, kelompok terakhir langsung maju ke final hingga di final tersisa tiga kelompok. Games berlangsung sangat heboh. Bersorak riuh hingga doa sebelum melempar menjadi penghias acara games. Games selesai setelah diperoleh tiga pemenang.

_DSC6605 _DSC6593

Waktu menunggu berbuka puasa yang agak panjang setelah games, diisi oleh Aditia demo Construct 2 menggunakan karakter dari template mewarnai yang sudah di scan dan di pindah ke dalam program. Adik-adik putri terlihat teriak tegang setiap melihat karakter yang melewati rintangan seperti lubang.

_DSC6504 _DSC6551

Setelah selesai demo games, acara kemudian dilanjutkan pengisian materi perkenalan tentang Agate Studio oleh Shieny Aprilia. Shieny bercerita mengenai Agate Studio dengan bahasa yang sederhana. Shieny juga sempat menunjukkan games hasil kerjasama dengan Pekerjaan Umum dengan nama Chika.

_DSC6620

Ketika waktu tiba berbuka puasa, salah satu adik kemudian melantunkan azan maghrib. Crew Agate dibuat terpana karena suaranya yang indah. Acara kemudian dilanjutkan berbuka puasa, sholat maghrib, makan, dan terakhir penyerahan bantuan dan hadiah.

_DSC6632_DSC6682_DSC6663

Terimakasih ya adik-adik membuat kami semua happy bersama kalian walaupun sebentar :,)

_DSC6699

Oiya, segenap crew Agate Studio juga mengucapkan terimakasih untuk Mas Jodie Duniaku.net dan Mas Arya Segitiga.net yang sudah meluangkan waktunya bermain bersama :D D

Dan kami dioleh-olehin artikel dari mereka :,)

Cek di sini ya : http://ow.ly/zd9Gg (Duniaku.net) dan http://ow.ly/zd9Kk (Segitiga.net)

_DSC6466

_DSC6704

Sampai jumpa di acara bermain bersama berikutnya ^^

Malam Penganugerahan Shieny Aprilia di IYW-FBL 2014

Halo semua!

Masih ingat dengan Agate Level Up Guild Master Shieny Aprilia yang sempat memenangkan Indonesia Young Women Future Business Leader 2014 oleh Majalah SWA?

Shieny menghadiri SWA 100 Night 2014 pada 25 Juni 2014 yang bertempat di Hotel Shangri-La Jakarta. Pada acara ini, terdapat 3 award yang dibagikan : SWA 100, Indonesia Best CFO 2014, dan Indonesia Young Woman Future Business Leader 2014.

SWA 100 Night 2014 diawali dengan sambutan dari CEO SWA, Pak Kemal Gani, yang bercerita tentang latar belakang mengadakan ajang awarding-awarding tersebut. Lalu diikuti dengan sambutan dari Pak Djoko Wintoro dari Director School of Finance Prasetiya Mulya Business School. Dan kemudian speech dari 3 pemenang award, yaitu: Pak Cyrillus Hadinowo dari PT Bank Central Asia Tbk, Pak Mochamad Kurnia Ariawan dari PT Petrosea Tbk, dan Shieny Aprilia dari PT Agate International :D

Pada kesempatan saat itu, Shieny bercerita tentang Agate dan juga tentang bagaimana games bisa membawa serious impact untuk bisnis, seperti misalnya untuk meningkatkan efektivitas marketing brand di Indonesia dan games sebagai terobosan baru yang efektif untuk training dan recruitment korporasi-korporasi, terutama di Indonesia.

IMG_8467 (1) IMG_8530

Berikut ini video testimonial dari Shieny :

“Selamat malam, nama saya Shieny Aprilia. Saya dari PT Agate International. Saya adalah Guild Master dari Agate Level Up, yaitu divisi kami yang bergerak di bidang serious games, atau games untuk memberikan impact pada perusahaan-perusahaan.

Motivasi saya untuk mengikuti ajang ini karena saya percaya bahwa ajang Indonesia Young Women Future Business Leader Award sangat bisa untuk mengangkat perusahaan saya untuk ke level yang lebih tinggi lagi. Dan juga saya percaya bahwa event ini, dan juga saya mengikuti kompetisi ini, saya percaya bahwa saya bisa berkenalan dengan lebih banyak lagi pelaku bisnis terkemuka di Indonesia.

Sejauh ini memang kami bisnisnya di games, lalu terobosan yang telah kami lakukan adalah untuk di ranah corporate kami sudah membuat games untuk men-support marketing activity bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia dan juga baru tahun kemarin kami juga melakukan pembuatan games untuk men-support kegiatan training di perusahaan-perusahaan besar di Indonesia.


Kesannya (acara -pen) sangat sangat bagus, karena setelah diumumkan di majalah SWA edisi April kemarin, hasilnya banyak sekali orang yang mengontak saya, baik yang sudah kenal dan juga yang belum kenal, mereka sangat kagum, wah keren banget Agate bisa terpilih menjadi salah satu dari Indonesia Young Women Future Business Leaders ini.

Harapannya, SWA jangan bosen-bosen untuk terus melakukan (mengadakan acara -pen). Karena ini sangat inspiring, maksudnya, saya juga waktu itu, tahu awalnya kompetisi ini dari tahun kemarin. Saya lihat dari Edisi April 2013, lalu di situ saya lihat bahwa ternyata banyak perempuan-perempuan yang sangat pandai berbisnis di dunia bisnis. Dari situ memacu semangat banget untuk juga bisa mengejar mereka bahkan lebih lagi dari mereka. Dan juga harapannya lagi semakin banyak wanita-wanita Indonesia yang percaya diri untuk juga bisa ada di level-level manajerial atau bahkan board member.”

Partisipasi Agate di Serious Games Conference 2014, Seoul

Shieny Aprilia dan Vincentius Hening pada 21-25 Juni 2014, menghadiri Serious Games & Social Connect Conference (SGSC2014) di Seoul, Korea.

SGSC adalah tempat untuk para developer game, pendidik, praktisi kesehatan, pemerintah, hingga manajer SDM berkumpul, membuat networking internasional, dan sharing. Serious Game sendiri adalah game yang diciptakan bukan hanya bertujuan untuk entertain, tapi juga untuk memecahkan masalah nyata. Tahun ini SGSC merupakan SGSC ketiga. 

Penyelenggara SGSC, Korea Games Society (KGS) dan the Gyeonggi Contenct Agency (GCA), menyadari bahwa belajar akan lebih baik jika sambil bermain. Dengan bermain, orang akan lebih engaged dengan aktivitas mereka. Semakin engage mereka, semakin cenderung untuk ingin belajar.

Dengan tren game yang semakin untuk pendidikan konsumen di industri seperti bank dan pemerintahan, tahun ini konferensi lebih untuk menunjukkan potensi dan peluang serious game dan konektivitas sosial dalam bidang kesehatan, tempat kerja, dan sektor pendidikan.

Shieny memaparkan, “Event ini terdiri dari serangkaian presentasi dari para pelaku industri games dari berbagai penjuru dunia, seperti profesor yang menekuni bidang serious games dari USA dan Eropa, developer serious games untuk mahasiswa di Singapore, developer serious games untuk membantu anak-anak agar bisa berbadan tetap fit, dan NGO yang membuat serious games untuk mengedukasi masyarakat tentang perairan.”.

Pada pelaksanaanya, event SGSC2014 ini bersamaan dengan expo Good Game Show. Good Game Show yang merupakan pameran teknologi dan game, khususnya serious games atau game yang membawa dampak positif seperti misalnya game untuk berolahraga, game untuk belajar, dsb.

20140524_125054

Seorang Lansia Tertarik Mencoba Game. Photo by : Shieny

SGSC2014 diadakan di Korean International Exhibition Center (KINTEX). KINTEX mempunyai 5 area pameran, dan 23 ruang meeting. KINTEX menjadi pusat pameran terbesar di Korea. 
Photo by : http://www.nbbj.com/

KINTEX Photo by : http://www.nbbj.com/

Selama dua hari, SGSC2014 berisi serangkaian program yang bisa dilihat di : http://www.seriousgamesconference.org/programme/program-overview

Shieny menyebutkan, tujuan Agate ke SGSC2014 adalah untuk bertukar pikiran dengan para pelaku industri serious games di dunia agar industri serious games di Indonesia juga bisa berkembang lebih baik lagi dan Agate juga bisa membuat serious games yang lebih baik lagi dalam menjawab berbagai masalah di dunia nyata.

Kabarnya, SGSC2015 akan diadakan di Singapore. Tertarik mengunjungi?

« Older Entries